Adverdtorial Hukum Internasional Investigasi Kemanusiaan dan HAM Kriminal NASIONAL

Sebab Akibat / Kausalitas Hukum Pidana Bagi Penegak Hukum

Madiun,Sinarpolitan.com – Penjelasan Sebab Akibat atau Kausalitas Hukum Pidana Bagi Penegak Hukum sangatlah penting dalam mengungkapkan kasus-kasus tertentu dalam hukum pidana, khususnya kejahatan terhadap nyawa.

Dalam banyak kasus, sulit sekali menentukan perbuatan yang menjadi sebab, sehingga sulit menakar pertanggungjawaban pidana pelaku. Akibatnya sangat fatal, keadilan materiel tidak dapat ditegakkan. kamis (24/02/2022)

Sayangnya tidak banyak literatur, buku, maupun jurnal, serta penelitian di Indonesia yang secara khusus membahas masalah kausalitas ini. Minimnya ketersediaan ini tentunya menyulitkan, terutama bagi penegak hukum yang memerlukannya.

Ajaran kausalitas secara mendalam dalam hukum pidana di Indonesia.meliputi: kerangka teori dan konseptual dalam ajaran kausalitas, evolusi ajaran kausalitas dalam hukum pidana, ajaran kausalitas dalam hukum pidana Indonesia, perbandingan ajaran kausalitas, serta penerapan ajaran kausalitas dalam tindak pidana yang menyebabkan kematian pada putusan pengadilan dan tindak pidana khusus.

Dengan ilmu Pengetahuan Ajaran Kausalitas Hukum Pidana Indonesia, diharapkan dapat membantu para akademisi, penegak hukum serta praktisi hukum untuk mendalami ajaran kausalitas guna mewujudkan keadilan materiel di pengadilan.(Red/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *