Adverdtorial Berita Daerah NASIONAL Pariwisata

Wujudkan Ekowisata Pesisir Pantai Mandalika, Pangdam Tanam Pohon Mangrove

Lombok Tengah,Sinarpolitan.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu wilayah teritorial Kodam IX/Udayana, sehingga Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., sebagai Pangdam IX/Udayana yang baru pada Rabu (16/2/2022) pagi terbang dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) yang berlokasi di Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB untuk melaksanakan serangkaian agenda kunjungan kerja.

Setibanya di NTB, Pangdam dan rombongan disambut oleh Forkopimda Provinsi NTB, yang ditandai dengan pengalungan bunga oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, S.T., M.Si., pengalungan selendang dan diiringi tarian Gendang Belek TNI Polri.

Selanjutnya, Pangdam melakukan peninjauan dan penanaman secara simbolis bibit pohon mangrove di atas lahan seluas 11 hektar yang berlokasi di wilayah Kodim 1620/Loteng tepatnya di Indonesian Tourism Development Coporation (ITDC) Kompleks Dusun Serenang Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Dari laporan yang diterima Pangdam, bahwa lokasi seluas 9 hektar tersebut sudah dilakukan penanaman sekitar 45 ribu bibit pohon mangrove dan kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Kodim 1620/Loteng dengan Dinas Lingkungan Hidup, Bapedas dan masyarakat, termasuk nantinya dilahan seluas 2 hektar sudah disiapkan sekitar 20 ribu bibit lagi.

“Penanaman mangrove di kawasan ITDC ini, merupakan upaya TNI AD dalam membantu pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian alam, harapannya dapat menahan abrasi daerah pesisir pantai,” ucap Pangdam pada saat berada dilokasi penanaman.

Selanjutnya Pangdam juga menyampaikan, di lokasi ini nantinya akan didirikan hotel-hotel, harapannya pohon mangrove ini menjadi bagian dari ekowisata sebagai ikon daya tarik pariwisata kedepan, apalagi lokasi ini sudah terintegrasi dengan sirkuit Mandalika.

Usai melakukan penanaman bibit pohon mangrove, Pangdam dan rombongan melakukan peninjauan sirkuit Mandalika dalam rangka mengecek kesiapan untuk mensukseskan event besar MotoGP, yang akan digelar pada Maret mendatang.

Terkait kesiapan menghadapi event olahraga kelas dunia yakni MotoGP, Pangdam sangat berharap adanya kesadaran dan kerjasama semua pihak untuk mensukseskan event internasional tersebut.

“Selain berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata di wilayah NTB, dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat NTB,” kata Mayjen Sonny.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama selalu menjaga kondusifitas wilayah. Terkait Covid-19 dirinya juga tidak bosan-bosannya untuk mengajak seluruh masyarakat NTB untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat termasuk mensukseskan program vaksinasi nasional guna meningkatkan kekebalan tubuh (Herd Immunity) dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. (Pendam IX/Udy).(Red/Asep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *