Adverdtorial Berita Daerah Berita Desa Investigasi NASIONAL

Generasi Milenial dan Z Indonesia di Lapangan Usaha Pertanian

Jakarta,Sinarpolitan.com-Tahukah Sahabat Data, pertanian masih menjadi primadona di Indonesia. Lapangan usaha pertanian menyerap tenaga kerja terbanyak, 37,13 juta penduduk di tahun 2021. Dengan rata-rata umur penduduk yang bekerja di lapangan usaha ini tergolong tidak muda yakni 46 tahun (Sakernas Agustus, 2021).

Nah, beragam upaya diperlukan untuk makin memajukan lapangan usaha pertanian. Selain adopsi teknologi, regenerasi agar lebih banyak usia muda yang masuk ke lapangan usaha ini bisa menjadi solusi. Meski hal itu bukanlah sesuatu yang mudah.

Menurut publikasi Statistik Pemuda Indonesia 2021, tak sampai seperlima pemuda Indonesia (16-30 tahun) yang bekerja di lapangan usaha pertanian. Selebihnya, pemuda yang masuk Generasi Milenial dan Z itu lebih tertarik bekerja di lapangan usaha industri (25,02 persen) dan jasa (55,80 persen).

Ingin tahu bagaimana gambaran pemuda Indonesia yang bekerja di lapangan usaha pertanian? Yuk, cek infografisnya.

KamiST ini Statmin juga mengingatkan bahwa BPS akan menyelenggarakan Sensus Pertanian di tahun 2023 (ST2023) yang menyajikan data pertanian lengkap dan terkini. Nantinya data hasil ST2023 akan bermanfaat untuk menentukan kebijakan di bidang pertanian Indonesia.(Red/Alvin)

#CintaData
#MenujuST2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *