Adverdtorial Berita Daerah Internasional NASIONAL

Kasal Yudo Resmikan Monumen Alutsista TNI AL di Kabupaten Madiun

Madiun,Sinarpolitan.com – Kabupaten Madiun kini memiliki Monumen Alutsista dari TNI Angkatan Laut. Monumen tersebut berupa pesawat Nomad N24 P843 yang megah di area Taman Asti Caruban Kabupaten Madiun dan Tank PT 76 dan Meriam M30122 di persimpangan jalan Raya Dumpil pintu masuk tol. Monumen Alustista tersebut merupakan hibah dari TNI Angkatan Laut dan diresmikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono. Minggu (16/1/2022) di Taman Asti Caruban.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami yang didampingi Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto mengucapkan selamat datang di Kabupaten Madiun. Kaji Mbing sapaan akrab bupati menuturkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya dan dirinya menyampaikan adanya monumen tersebut memberikan efek psikologis tersendiri bagi masyarakat khususnya stigma tentang peristiwa 1948.

“Ini membawa dampak psikologis yang luar biasa bagi masyarakat Kabupaten Madiun. Ini menjadi semangat baru dan bisa menjadi penghapus stigma 1948 dimana Kabupaten Madiun tidak sama terlibat,” tuturnya

Bupati menambahkan adanya monumen alutsista ini menunjukkan adanya nilai kepahlawanan di Kabupaten Madiun. Dirinya berharap mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para pemuda yang ada di Kabupaten Madiun tentang sikap nasionalisme dan patriotisme.

Sejumlah alutsista yang dipasang di Kabupaten Madiun tersebut sangat istimewa, pasalnya alutsista tersebut sudah pernah digunakan oleh TNI AL dalam berbagai latihan dan operasi yang tercatat dalam sejarah panjang bangsa Indonesia.

Kasal Yudo menuturkan 38 tahun yang lalu meninggalkan kampung pesilat usai menempuh pendidikan di SMA 1 Mejayan. Tentunya hal tersebut bisa menjadi edukasi dan motivasi bagi generasi bangsa khususnya di Kabupaten Madiun yang jauh dari laut namun bisa menjadi Kasal.

“Dulu pesawat-pesawat kecil ini (Nomad N24 P843) yang menjadi pendeteksi kelautan kita dan tank amfibi yang mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut, sehingga memiliki sejarah yang tinggi,” ujar Kasal yang asli dari Kabupaten Madiun tersebut.

Pada kesempatan Kasal Yudo di dampingi Bupati dan Wakil Bupati meninjau monumen Tank Amfibi-76 dan Meriam M30122 yang berada di Exit Tol Dumpil tersebut, Beliau nampak sangat bersemangat dengan adanya keberadaan monumen alutsista yang penuh dengan sejarah tersebut sesambil menyapa warga yang ikut melihat peninjauan monumen tersebut.(Red/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *