Berita Desa Internasional Paralegal

Agar Kita Tidak Terjerumus dalam Penyakit Hati , Kiat yang Bisa Kita Lakukan

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Madiun,Sinarpolitan.com-Penyakit hasad bisa menjangkiti siapa saja tak terkecuali seorang ahli ibadah sekali pun. Oleh karena itu Rasulullah SAW telah mewanti-wanti umatnya untuk tidak terkena penyakit hati yang satu ini. Bahkan Rasulullah SAW menggambarkan hasad ibarat api yang memakan kayu bakar, artinya hasad bisa menghabiskan amal kebaikan kita.Sabtu (11 september 2021)

Nah, agar kita tidak terjerumus dalam penyakit hati yang satu ini, maka ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan, di antaranya:

Pertama: Pertebal iman dan rasa yakin pada takdir Allah, tentu saja dengan terus menambah ilmu.

Kedua: Mengingat akibat hasad yang berdampak di dunia maupun di akhirat.

Ketiga: Selalu bersyukur dengan yang sedikit. Nabi SAW bersabda,

“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak,” (HR. Ahmad, 4/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 667).

Keempat: Selalu memandang orang yang di bawahnya dalam masalah dunia.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian melihat orang lain diberi kelebihan harta dan fisik [atau kenikmatan dunia lainnya], maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya,” (HR. Bukhari no. 6490 dan Muslim no. 2963).

Dalam hadits lain disebutkan, “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu,” (HR. Muslim no. 2963).

Kelima: Banyak mendoakan orang lain yang mendapatkan nikmat dalam kebaikan karena jika kita mendoakannya, kita akan dapat yang semisalnya. Rasulullah SAW bersabda, “Do’a seorang muslim kepada saudaranya ketika saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisinya ada malaikat (yang bertugas mengaminkan do’anya kepada saudaranya. Ketika dia berdo’a kebaikan kepada saudaranya, malaikat tersebut berkata: Amin, engkau akan mendapatkan yang semisal dengannya,” (HR. Muslim no. 2733).

Semoga bermanfaat Aamiin.
Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarakatuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *