Berita Desa Bisnis Internasional Investigasi Paralegal Politik

Petunjuk Rasul Hadapi Ujian Hidup

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Madiun,Sinarpolitan.com-Berbicara tentang kehidupan, pastilah akan selalu ada permasalahan di setiap waktunya. Entah pekerjaan, keluarga ataupun masalah ekonomi. Namun setiap permasalahan pastilah ada solusinya, karena begitulah cara hidup mendewasakan diri kita. Nah, Solusi sebuah permasalahan terkadang bisa kita dapatkan di mana saja, termasuk melalui beberapa hadits Nabi Saw. Hadits merupakan kumpulan perkataan, perbuatan dan tingkah laku nabi Muhammad Saw. Hadits sendiri merupakan sumber hukum dan petunjuk hidup kedua setelah Al-Qur’an, sehingga terdapat banyak nila-nilai kehidupan yang bisa menjadi inspirasi hidup kita.Jum’at 3 september 2021.

1.Permasalahan yang menimpa adalah bukti kasih sayang Allah kepada kita*. Rasulullah Saw. telah memberikan petunjuk kepada kita melalui sabdanya : _“Tidaklah seorang muslim tertimpa kecelakaan, kemiskinan, kegundahan, kesedihan, kesakitan maupun keduka-citaan bahkan tertusuk duri sekalipun, niscaya Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan apa yang menimpanya itu.”_ (HR. Bukhari)

Jadi, setiap dari kita pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa, baik sadar maupun tanpa disadari. Dan ingatlah pada hakikatnya jika sebuah masalah dihadirkan oleh Allah kepada kita itu bisa menjadi jalan untuk menghapus dosa-dosa tersebut. Maka lakukan dan tebarkan kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapus kesalahan dan dosa yang kita perbuat. Sekecil apapun masalah yang diturunkan, pastilah hal itu berbuah kebaikan bagi diri kita sendiri.

2.Ikhlas dan sabar, kunci permasalahan hidup yang mengantarkan ke surga*.
Ingatlah akan sebuah hadits, dari Nabi SAW., bahwa beliau bersabda : _”Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman : “Hai anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhai bagimu sebuah pahala kecuali surga.”_ (HR. Ibnu Majah)

Sabar dan ikhlas kadang tidaklah sesederhana perkataannya. Bahkan ikhlas dan sabar saat dihadapkan dengan sebuah permasalahan sangatlah berat. Namun Allah pun memahami hal tersebut. Karenanya, pahala yang disediakan bagi mereka yang bisa sabar dan ikhlas tidaklah main-main, melainkan surga.

3.Ujian adalah cara Allah menjadikan kita manusia lebih baik lagi*.
Rasulullah Saw. bersabda : _“Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi orang baik maka ditimpakan musibah (ujian) kepadanya.”_ (HR. Bukhari)

Layaknya seorang pelaut yang tangguh, itu tidak terbentuk dari ombak yang tenang, maka setiap ujian yang diberikan Allah kepada kita pada dasarnya adalah untuk meneguhkan diri kita menjadi sosok manusia yang terbaik. Maka, nikmatilah setiap ujian yang sedang kita hadapi saat ini karena itulah salah satu jalan untuk menguatkan mentalitas diri kita lebih baik lagi.

4.Ujian yang kita hadapi hanyalah sementara*. Rasulullah Saw. telah mengingatkan kepada dalam sabdanya : _”Tidaklah aku tinggal di dunia melainkan seperti musafir yang berteduh di bawah pohon dan beristirahat lalu musafir tersebut pergi meninggalkannya.”_ (HR. Tirmidzi)

Inilah perumpamaan hidup yang diibaratkan Rasulullah. Hal ini mengandung makna jika setiap hal yang kita rasakan saat ini baik itu kebahagiaan, kesedihan maupun kekecewaan pada hakikatnya bersifat sementara. Pasti akan ada saatnya semua permasalahan hidup kita berakhir, namun yang terpenting adalah jangan pernah putus asa dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup ini.

5 Kepedulian terhadap sesama adalah kebaikan yang akan abadi* Ingatlah Rasulullah Saw. telah bersabda :
_”Barang siapa yang meringankan kesulitan seorang mukmin dari kesulitan dunia, maka Allah akan meringankan kesulitannya dari kesulitan di hari kiamat. Barang siapa yang memudahkan orang yang tertimpa kesulitan, maka Allah akan memudahkan kepadanya di dunia & akhirat. Barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia & akirat. Allah akan menolong hamba-Nya selagi hamba tersebut menolong saudaranya.”_ (HR. Muslim)

Setiap orang pasti memiliki masalah hidupnya masing-masing. Namun bukan berarti kita harus berpangku tangan dengan permasalahan yang dihadapi orang lain. Justru ada sebuah keajaiban tersendiri saat kita bersedia membantu orang lain meskipun kita sendiri sedang berada dalam kesulitan. Tak hanya kebahagiaan dunia yang akan kita dapatkan saat mampu meringankan beban orang lain, namun juga kebahagiaan yang kekal saat kita di hari akhirat nanti.

Itulah lima kutipan hadits yang bisa menjadi inspirasi kita yang sedang menghadapi musibah, ujian sakit dan beban hidup yang lain saat ini.

Semoga dengan memahami dan mengamalkan petunjuk hadits-hadits Nabi Muhammad SAW bisa meringankan persoalan hidup kita ya. Mari kita bangun malam untuk bermunajat kepada Allah mengadukan semua persoalan hidup. Semoga Allah memberkahi kehidupan kita. Aamiin .

Semoga bermanfaat Aamiin.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *