Berita Desa Internasional Investigasi Paralegal Pariwisata Politik

Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan Sesepuh Menggelar Ritual Jamasan 3 Pusaka di Ndalem Pringgitan

Ponorogo,Sinarpolitan.com-Dalam rangka menyambut datangnya 1 Suro 1443 H, Pemerintah Kabupaten dan Sesepuh menggelar ritual Jamasan 3 Pusaka Kabupaten di Ndalem Pringgitan Rumah Dinas Bupati, (10/08/2021).

Ketiga Pusaka di-jamas secara berurutan dari mulai Pusaka Angkin Cinde Puspita, Pusaka Songsong Tunggul Wulung, sampai Pusaka Tombak Tunggul Naga dengan air kembang setaman sebanyak 7 kali oleh Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M.

Air Jamasan ini diambil dari 7 sumber yang ada di Ponorogo, Gunung Srandil, Masjid Agung Ponorogo, Gunung Bayang Kaki, Gunung Khayangan, Ngebel, Masjid Tegal Sari, dan Gunung Kucur.

Setelah prosesi Jamasan, Pusaka akan ditempatkan kembali di Gedhong Pusaka Ndalem Pringgitan Rumah Dinas Bupati.

Kang Giri menuturkan Tradisi Jamasan sebagai bentuk ungkapan rasa hormat dan upaya melestarikan peninggalan leluhur Kabupaten Ponorogo.

“Ini juga menjadi ritual rutin setiap Suro, untuk menandai, pertama kita ini menghormati leluhur. Kedua, kita menghargai dan budayani. Ini Pusaka asli Ponorogo, sehingga harus di-jamasi dan diuri-uri oleh siapapun pemimpinnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kang Giri menyampaikan, dengan Jamasan ini harapannya Kabupaten Ponorogo dijauhkan dari setiap hal buruk dan musibah

“Mudah-mudahan dengan di-jamasinya pusaka bersih dari segala sengkala, segala coba, segala bebendu, dan segala pagebluk. Itu pangajat dan harapan kita semua,(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *