Berita Desa Investigasi Paralegal Politik

Pemkab Madiun PPKM Darurat masih Rendah Perlu Penertiban oleh JaJaran TNI-POLRI Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Madiun,Sinarpolitan.com-Bupati Madiun H. Ahmad Dawami bersama Kapolres dan Dandim 0803 Madiun serta OPD terkait, Rabu (7/7/2021) di Pendopo Muda Graha, mengikuti Rakor Implementasi PPKM darurat Jawa-Bali dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini ditunjuk memimpin PPKM Darurat oleh Presiden RI.

“Mobilitas di Jawa Timur dan Bali masih cukup tinggi dari ketepatan penurunan minimal 30 persen, akan tetapi wilayah Jawa Timur cenderung bagus jika dibanding dengan Provinsi lainnya, Untuk itu maka silahkan Pemerintah Daerah memperbaiki koordinasi dalam penyekatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.
Dari hasil operasi perubahan perilaku dan ketaatan pada aturan PPKM Darurat masih rendah jadi perlu penertiban lagi oleh jajaran TNI-POLRI kolaborasi dengan Pemerintah Daerah “, pungkas Menko Maritim.

Gubernur Jawa Timur dalam paparannya menyampaikan, saat ini operasi yustisi memberikan efektifitas terhadap mobilitas masyarakat dan ketaatan dalam melaksanakan protokol kesehatan. “Saya mengimbau agar masing-masing daerah di Jawa Timur menambah kapasitas ruang perawatan dan membuat rumah isolasi pasien covid- 19. IGD yang ada di Jawa Timur dilarang tutup kecuali saat ada sterilisasi. Bagi masyarakat berstatus OTG yang tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri dirumahnya, maka pemerintah berkewajiban untuk mengisolasi masyarakat yang OTG di fasilitas khusus isolasi yang sudah disediakan Pemerintah Daerah, tutur Khofifah.

Sementara itu Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengatakan, bahwa Tim Satgas penanganan covid-19 setiap hari melakukan evaluasi PPKM darurat ini, PPKM darurat ini bermaksud untuk penyelamatan masyarakat, karena pertambahan kasus aktif yang saat ini masih luar biasa di Jawa-Bali.

“Setiap hari kita lakukan evaluasi, mulai dari mobilitas masyarakat, karena dengan mobiltitas masyarakat yang tinggi ini tingkat resikonya juga semakin tinggi dan kasus juga semakin meningkat. Terkait kondisi ketersediaan bed di RS Caruban dan Dolopo, Bor ICUnya jumlahnya masih sangat terkendali dan sejawa bor isolasi juga masih aman, makanya di rs caruban dan dolopo ini isinya tidak pasien dari kabupaten madiun saja. Dan kesiapan obat-obatan dan oksigen, kita bekerjasama dengan TNI porli untuk mencatat kekurangan di masing-masing rs, sehingga saat ini alhamdulillah ketersediaan obat dan oksigen aman”, jelasnya

Bupati menambahkan, sesuai yang tertuang dalam surat edaran Intruksi Mendagri dan Gubernur masyarakat wajib mematuhi pelaksanaan PPKM Darurat ini dan Pemerintah daerah diwajibkan melakukan penegakan disiplin PPKM Darurat tersebut, Pemkab Madiun sudah melakukan rapat bersama forkopimda dan tim satgas yang rencananya akan dilakukan operasi yustisi di wiliyah-wilayah yang kiranya menimbulkan kerumunan.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *