Berita Desa

Kabid Sumber Daya Kesehatan Moh. Nur Insan Target APBD Tahun 2021 Dua Puskesmas Untuk Memberikan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat

Sumenep,Sinarpolitan.com-Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pemkab Sumenep melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, akan membangun dua Puskemas baru dan 1 Lapkesda.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Sumber daya Kesehatan Moh. Nur Insan, dirinya memastikan untuk tahun 2021 ada dua puskesmas yang akan dibangun oleh Dinkes Sumenep.

“Satu puskesmas akan di bangun di Desa Legung Kecamatan Batang-Batang, satu puskesmas lagi di Kecamatan Masalembu dan Lapkesda yang ada di Kecamatan Kota,” jelasnya kepada awak media (Kamis, 10-12-2020).

Latar belakang dibangunnya Puskesmas baru, Nur Insan menjelaskan melihat kondisi real di lapangan pertumbuhan penduduk sangat luar biasa dan padat sekali. Oleh sebab penduduk yang begitu padat ini rasanya masyarakat sangat memerlukan pelayanan kesehatan yang dekat, cepat dan tanggap.

“Target kami untuk tahun 2021 semua puskesmas memiliki gedung yang representatif sehingga bisa benar-benar dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut Nur Insan, untuk tahun 2021 bukan hanya puskesmas baru yang akan dibangun oleh pemkab melalui dinasnya, namun ada beberapa Puskesmas pembantu (Pustu) yang akan dibangun melalui APBD Tahun 2021.

“Tahun ini ada beberapa pustu yang akan dibangun, namun bukan kita (Dinas Kesehatan) yang akan mengerjakan, tetapi Dinas Cipta Karya, kita hanya tinggal menerima manfaat gedung setelah selesai dibangun,” terangnya.

Terakhir Nur Insan berharap semua puskesmas yang ada dibawah naungannya tetap mengutamakan upaya- upaya preventif dan upaya promotif tapi tidak meninggalkan upaya koratif (pengobatan).

“Harapan bagaimana Puskesmas yang kita bangun itu akan menjadi puskemas yang sangat bisa dinikmati oleh semua masyarakat sekitarnya, artinya kita memberikan bukan hanya sekedar fisik yang kita bangun, dengan dalan waktu yang bersamaan bagaimana SDMnya juga kita lakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill dan kemampuan teman-teman yang bekerja di puskesmas,” pungkasnya.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *