Berita Desa Internasional

SUSUHUNAN PAKUBUWANA XI

Surakarta,Sinarpolitan.com.Sri Susuhunan Pakubuwana XI terlahir dengan nama Gusti Raden Mas Ontoseno pada hari Senin Kliwon 25 Rabingulakir 1815 Jawa atau 1 Pebruari 1886 M. Beliau adalah putra no 4 , anak Sulung laki laki dari Susuhunan Pakubuwana X dari garwa ampil GRAy Mandaya Ratna. GRAy Mandaya Ratna adalah putri dari RM Panji Sumotaruno, RMP Sumotaruno adalah putra dari RM Haryo Sumowinoto, RMH Sumowinoto adalah putra dari KGPH Mangkubumi , Putra Susuhunan Pakubuwana III.

GRM Ontoseno setelah dewasa mendapat nama gelar GPH Hangabehi. Setelah Sunan PB X wafat, GPH Hangabehi dinobatkan menjadi Raja Kasunanan Surakarta pada hari Rabu Legi 7 Mulud 1878 Jawa atau 26 April 1939 M dengan gelar “ Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Pakubuwana XI “

Susuhunan Pakubuwana XI memerintah Kasunanan Surakarta pada tahun 1939 sampai tahun 1945. Beliau memerintah pada masa sulit karena bertepatan dengan perang dunia II , juga Beliau mengalami pergantian pemerintahan penjajahan dari Belanda kepada Jepang pada tahun 1942. Pada masa pendudukan Jepang terjadi inflasi yang mengakibatkan perekonomian Kraton goyah. Jepang juga merampas sebagian besar kekayaan dan aset aset Keraton surakarta.Kondisi Kraton yang semakin menurun, sangat mempengaruhi pikiran Susuhunan Pakubuwana XI sebagai Penguasa Kasunanan Surakarta waktu itu hingga berakibat memperburuk kondisi Susuhunan Pakubuwana XI hingga akhirnya Beliau sakit dan wafat pada Sabtu Kliwon 21 Jumadilakir 1876 Jawa atau 1 Juni 1945. Kemudian tanggal 2 Juni 1945 dimakamkan di Astana Girimulya Pajimatan Imogiri Yogyakarta.

Para Putra Susuhunan Pakubuwana XI :
1. Dari GKR Kencana , putri dari KRA Sosrodiningrat IV
Berputra :
1.1 KGPH Mangkubumi ( BRM Saliman )
1.2 GKR Ayu
1.3 GKR Bendara
1.4 GKR Candra Kirana

2. Dari GKR Pakubuwana XI , ( Cucu Patih KRA Sosrodiningrat IV ) putri dari KRMT Puspodiningrat.
Berputra :
2.1 BRM Suryo Guritno ( Sri PB XII )
2.2 GKR Sekar Kedaton

3. R Ay Dayaningsih berputra :
3.1 KGPH Prabuwijoyo ( BRM Suryo Lelana )
3.2 KGPH Hangabehi ( BRM Danurwindo )
3.3 GRAy Kusuma Dartoyo

4. RAY Daya Asmara berputra :
1.1 GPH Notopuro ( BRM Surya Suksara )
1.2 GPH Bintara ( BRM Suryo Darmojo )

Oleh Jejak Sejarah Mataram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *