Internasional Investigasi Paralegal

Membedakan HAK Kepemilikan LOGO DAN ORGANISASI.

Jakarta,Sinarpolitan.com.Hak kepemilikan Logo merupakan perlindungan hukum terhadap “merek atau Logo”. Setiap orang atau organisasi berbadan hukum bisa mendaftarkan ke Kemenkumham sesuai Kelas peruntukan, mulai Kelas 1-45. Kepemilikan Logo didaftar di Dirjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang dilindungi oleh UU Merek 20 tahun 2016.

Sementara Organisasi tunduk sesuai UU Keormasan 17 tahun 2013 kemudian diubah menjadi UU 16 tahun 2017. Bagi yang tidak berbadan hukum ormas Lembaga/LSM mendaftar di Kesbangpol sesuai Permendagri 57 tahun 2017 untuk memperoleh SKT (Surat Keterangan Terdaftar).

Sementara untuk yang berbadan hukum bentuk perkumpulan mendaftar di Kemenkumham untuk memperoleh Sertifikat AHU (Administrasi Hukum Umum) dari Dirjen AHU. Dan sesuai Permendagri 57 Tahun 2017 mendaftar ke Depdagri untuk memperoleh SKM (Surat Keterangan Mendaftar)

Jadi urusan Kepemilikan Logo adalah hal yang berbeda dengan Kepemilikan organisasi. Urusan hukumnya pun berbeda. Untuk itulah Kemenkumham melindungi hak kepemilikan logo selama 10 tahun.

Bagi yang gagal paham coba belajar biar tambah pinter. Jangan bodoh diternakkan. Sudah ngomong kenceng salah pula.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *