Internasional Pariwisata

AKUARIUM RAKSASA DI PANGANDARAN “Terpanjang dan terbesar di dunia

Pangandaran,Sinarpolitan.com.Pertengahan Desember 2020 esok obyek wisata unggulan di Pangandaran, Jawa Barat akan semakin beragam dengan diresmikannya akuarium raksasa yang dinamakan “Piamari” kependekan dari Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute.

Akuarium yang berlokasi di kawasan pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Cikidang, Desa Babakan, Pangandaran ini mulai dibangun tahun 2017 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di era Susi Pudjastuti, dengan biaya pembangunan gedung dan akuarium senilai 136 miliar rupiah.

Dalam Gedung Piamari terdapat tiga jenis akuarium raksasa. Pertama saat memasuki gedung di lantai dasar, terdapat schooling aquarium berbentuk silinder dengan kedalaman 7 meter dan lebar 5 meter, yang berisi berbagai jenis ikan laut yang memiliki kebiasaan berenang bergerombol.

Di lantai atas, ada museum maritim yang berisi tentang kegiatan kemaritiman, khususnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan.Tidak jauh dari museum ada kolam sentuh atau touch pool, dimana pengunjung bisa menyentuh ikan, batu karang atau bintang laut. Selain itu ada lukisan 3 dimensi sehingga pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang lukisan 3 dimensi.

Selanjutnya ruangan tunnel aquarium yang berisi berbagai jenis ikan air tawar, dengan panjang 47 meter, kedalaman 3 meter dan lebar rata-rata 3 meter. Di ruangan ini ada meja akuarium yang dipasangi tumbuh-tumbuhan air dan ikan-ikan atau yang disebut aquascape.

Akuarium air tawar ini nanti akan menjadi aquascape terbesar di dunia, bila membandingkan dengan arena aquascape yang berada di Portugal yang panjangnya 40 meter. Sementara yang berada di Pangandaran mencapai 47 meter, atau 7 meter lebih panjang. Selain itu pun lebih lebar.

Lalu dari tunnel aquarium, pengunjung bisa masuk ke teater akuarium yang dilengkapi dengan bangku-bangku untuk penonton. Ruangan teater dikhususkan untuk edukasi serta sosialisasi tentang kebencanaan, konservasi dan yang terkait dengan masalah bahari, di depan akuarium yang panjangnya 30 meter, lebar 10 meter dan kedalaman 4 meter.

Jenis ikannya terdiri dari ikan pari, ikan hiu, beberapa ikan kerapu yang berukuran besar, ikan bawal bintang dan beberapa ikan karang. Selain itu, di lantai dua ada ruangan untuk audio visual dan wisata diving (menyelam).

Ayo berwisata edukasi ke Pangandaran..

Salam Bahari untuk NKRI Gemilang .(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *