Bisnis

Koperasi Peternak INDONESIA CITA BERDIKARI, Gerakan Ekonomi Rakyat Kabupaten Madiun

Madiun, Sinarpolitan.com – Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. (Pasal 1 angka 1 UU 25/1992).

Pancasila dan UUD NRI 1945 merupakan landasan bagi koperasi. Adapun asas koperasi berupa asas kekeluargaan yang mana tujuan dari didirikannya suatu koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur.

Visi : Membangun peternak Indonesia yang Sejatera menuju Indonesia Jaya. Misi :Membangun peternak Indonesia yang Mandiri dan berdaya saing. Menjadi jembatan bagi peternak Indonesia dalam menyalurkan hasil-hasil Produksinya secara proporsional. Menjadikan Peternak Indonesia sebagai Subjek dalam segala kegiatan dan usahanya Dan melawan bentuk-bentuk eksploitasi terhadap peternak Indonesia.

Mengingat koperasi adalah himpunan dari petani umum dan petani spesialis serta profesi /orang yang bekerja di pretanian maka program kerja koperasi adalah sebagai berikut : Menghimpun petani umum dan petani spesialis untuk menjadi anggota. Menawarkan nama petani umum dan petani spesialis untuk tayang di website koperasi. Menawarkan kepada petani lelang untuk memperkenalkan usaha taninya dalam website koperasi

Koperasi Peternak Indonesia-ICB memiliki jejaring di beberapa kota di Indonesia. Regional Sumatera berkantor di Provinsi RIAU. Regional DKI Jakarta & Jawa Barat memiliki Perwakilan di Kab. Tasikmalaya, Kab. Garut, Kab. Cirebon & Kab. Kuningan dengan sebaran Peternakan Domba. Regional Jawa Timur memiliki Perwakilan di Kota Madiun, Kab. Madiun, Kab. Lamongan, Kab.Jember, Kab. Magetan, Kab. Mojokerto, Kab. Lumajang, Kab. Tulungagung.

Nanang Ma’ruf, koordinator ICB Kab. Madiun bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kab. Madiun dan Pemerintah Kab. Madiun siap memfasilitasi dan mendukung kelompok peternak domba untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *